peduliGEREJA.com

Memberkati untuk Diberkati!

  • Home
  • Sabda
    • ilustrasi

      Kemana kita Pergi

      Kepada Hagar, malaikat Tuhan bertanya : dari manakah datangmu dan ke manakah pergimu? Kalau ayat ini kita gunakan seba ...

  • Siapakah Yesus
  • Berita
  • Keluarga
  • Ulasan
    • Flywheel

      Flywheel

      Film ini penuh dengan inspirasi untuk hidup benar di hadapan Tuhan, di tengah banyaknya orang mengedepankan keuntungan dan ....

  • Media Gereja
  • Hubungi / Saran & Tanggapan

Tue09022014

Last update12:30:41 PM

Back You are here: Home Sabda Sabda Artikel Khotbah

Bagaimana Mengubah Keadaan yang berat menjadi Indah

 Nehemia 1:1-4

Arti nama Nehemia adalah Tuhan mahabesar. Setiap nama-nama orang Yahudi selalu berkaitan dengan pengalaman hidupnya. Jadi Nehemia adalah seorang yang mempunyai pengalaman yang banyak tentang kebesaran Tuhan.

Nehemia juga adalah seorang yang mempunyai integritas. Pengertian sederhana integritas adalah ucapan atau perkataan sama dengan perbuatan. Arti integritas juga adalah jujur. Karena integritasnya maka Nehemia dipercayakan sebagai juru minuman raja Artahsasta. Sebab seorang juru minuman bisa saja membunuh raja dengan cara memasukkan racun ke minumannya. Jadi kalau kita mau mengalami kebesaran Tuhan, kita musti menjadi orang jujur.

Mengapa Harus Kalah?

 ilustrasiAmos 5:1-3

Firman Tuhan di atas adalah firman profetik yang disampaikan nabi Amos kepada bangsa Israel. Pada masa hidup nabi Amos terlihat bahwa bangsa Israel mengalami kemerosotan spiritual. Dan dalam nubuatan itu terdapat sebuah kejadian yang sangat tragis yaitu bangsa Israel kalah. Padahal sebelum-sebelumnya bangsa Israel selalu menang dan mengalami pertolongan dan mujizat Tuhan yang luar biasa. Nabi Amos berkata bahwa bangsa Israel terkapar, tidak bangkit-bangkit lagi (Amos 5:2). Dan dalam Amos 5:3 ditulis bahwa tentara yang maju 1000 orang akan tersisa 100 orang, dan yang maju dengan 100 orang tersisa hanya 10 orang.

Seringkali kita menyanyikan pujian kemenangan bahkan kita berkata bahwa kita lebih dari pemenang, tetapi dalam nubuatan ini umat Tuhan pernah mengalami kekalahan yang telak.

Melekat Kepada Tuhan

 Mazmur 91:14-16.

Dalam Mazmur pasal 91 kita menemukan dua kali kata “sungguh”. Pertama, ditulis dalam ayat 3 yang merupakan penyataan pemazmur akan pengalaman hidupnya bersama dengan Tuhan. Kedua, terdapat dalam ayat 14 yaitu pernyataan Tuhan kepada pemazmur yang berkata : “Sungguh hatinya melekat kepada-Ku..” Tuhan bisa merasakan cinta atau kasih kita kepada-Nya. Pemazmur melekat kepada Tuhan. Hal ini yang harus diperhatikan semua anak-anak Tuhan. Sebagai orang Kristen, kita tidak bisa puas dengan kerohanian kita  saat ini. Apalagi Iblis terus mengerahkan kekuatannya untuk menekan dan menjatuhkan orang-orang percaya. Untuk itu kita musti berusaha lebih dekat dan melekat kepada Tuhan.

Hidup Menghormati Hadirat-Nya

 Pengkhotbah 8:11-13

 “Even though a person sins and gets by with it hundreds of times throughout a long life, I'm still convinced that the good life is reserved for the person who fears God, who lives reverently in his presence, and that the evil person will not experience a good life. No matter how many days he lives, they'll all be as flat and colorless as a shadow—because he doesn't fear God.” (ayat 12-13 Terjemahan The Message)

Salahsatu penyebab kenapa bertambah banyak orang berbuat jahat adalah karena belum semua mereka mendapat hukuman. Misalnya soal korupsi di tanah air kita yang seolah-olah menjadi budaya karena memang belum semua koruptor dijerat dan dihukum. Hanya beberapa orang saja yang berhasil di tangkap KPK dan penegak hukum lainnya, sedangkan mungkin ribuan koruptor lainnya masih belum ketahuan dan bebas. Namun Alkitab menulis bahwa sekalipun sekarang di dunia ini orang jahat belum mendapat hukumannya tetapi nanti di neraka mereka akan menerima hukuman yang setimpal.

MENCARI WAJAH TUHAN

 1 Tawarikh 16:11, Mazmur 105:4

Kedua ayat ini adalah nyanyian syukur raja Daud dan sebuah ajakan untuk mencari wajah Tuhan selalu. Banyak ayat Alkitab di Perjanjian Lama menyingkapkan betapa pentingnya upaya untuk melihat wajah Allah.

Seseorang yang kita banggakan atau idolakan tentu kita ingin selalu bertemu dan melihat wajahnya. Karena itu tidak heran kalau beberapa orang muda di kamarnya seringkali tidak ada foto orang tuanya tetapi gambar idolanya ada. Namun yang paling berbahaya adalah kalau orang percaya tidak lagi mengidolakan Tuhan, tidak lagi mencari wajah Tuhan.

Mengapa wajah Tuhan menjadi sangat penting? Bilangan 6:22-27. Wajah Allah memiliki makna spiritual yang sangat istimewa. Wajah Tuhan bermakna : BERKAT! Wajah Tuhan memberikan berkat umum, berkat perlindungan, berkat kasih karunia (anugerah) dan berkat damai sejahtera. Wajah Tuhan adalah sumber berkat.

 

Tentang kami

peduliGEREJA.com

Tentang kami

Di tengah minimnya informasi rohani Kristen di dunia maya / internet, peduliGEREJA.com hadir menyajikan beragam artikel khotbah, pendalaman Alkitab, serta mengulas tentang multimedia gereja, dan banyak informasi penting lainnya dengan sajian ...... selanjutnya

We have 6 guests and no members online