Sun09212014

Last update02:30:39 AM

Back You are here: Home Sabda Sabda Artikel Khotbah

TUHAN MENGGERAKKAN PEMERINTAH MENGGENAPKAN FIRMAN-NYA

 Ir. Joko Widodo, Presiden Terpilih RI 2014-20192 Tawarikh 36:22-23, Ezra 1:1-3

Setelah lebih sebulan dari pemilu presiden, barulah tanggal 21 Agustus 2014 Mahkamah Konstitusi memutuskan siapa presiden dan wakil presiden negara Indonesia ke depan.

Banyak orang menganggap bahwa pemilihan Kepala Negara adalah semata-mata peristiwa politik sama seperti pemilihan umum yang lazim dilakukan oleh rakyat. Tetapi dalam firman Tuhan di atas kita membaca bahwa rancangan Tuhan terjadi dalam peristiwa politik. Semua rencana Tuhan yang terjadi di dunia ini telah mengambil sejarah dunia menjadi alat Tuhan untuk menggenapkan firman-Nya. Tuhan memakai kejadian-kejadian di dunia ini, termasuk peristiwa politik seperti pemilu presiden maupun pemilihan-pemilihan kepala daerah sebagai salahsatu alat Tuhan untuk menunjukkan bahwa kita memiliki Tuhan yang memegang kendali dunia ini.

Bagaimana Mengubah Keadaan yang berat menjadi Indah

 Nehemia 1:1-4

Arti nama Nehemia adalah Tuhan mahabesar. Setiap nama-nama orang Yahudi selalu berkaitan dengan pengalaman hidupnya. Jadi Nehemia adalah seorang yang mempunyai pengalaman yang banyak tentang kebesaran Tuhan.

Nehemia juga adalah seorang yang mempunyai integritas. Pengertian sederhana integritas adalah ucapan atau perkataan sama dengan perbuatan. Arti integritas juga adalah jujur. Karena integritasnya maka Nehemia dipercayakan sebagai juru minuman raja Artahsasta. Sebab seorang juru minuman bisa saja membunuh raja dengan cara memasukkan racun ke minumannya. Jadi kalau kita mau mengalami kebesaran Tuhan, kita musti menjadi orang jujur.

Pemurnian

Maleakhi 3:2-3

Nabi Maleakhi berkata bahwa Tuhan datang sebagai pemurni logam emas atau perak. Emas dan perak sering menggambarkan kehidupan kerohanian gereja Tuhan. Emas dan perak adalah logam berharga, logam mulia. Orang percaya bukan orang sembarangan. Sebab 1 Korintus 6:20 menulis bahwa orang percaya ditebus dengan darah Yesus di kayu salib Golgota, darah yang mahal, lebih berharga (precious) dari emas dan perak (1 Petrus 1:18-19). Mungkin secara status ekonomi atau status sosial kita rendah, tetapi di hadapan Tuhan kita sangat berharga. Itu sebabnya gereja sering dicontohkan seperti emas dan perak dan Tuhan seperti pemurni logam. Semua emas dan perak harus dimurnikan terlebih dahulu untuk mendapatkan yang asli.

Mengapa Harus Kalah?

 ilustrasiAmos 5:1-3

Firman Tuhan di atas adalah firman profetik yang disampaikan nabi Amos kepada bangsa Israel. Pada masa hidup nabi Amos terlihat bahwa bangsa Israel mengalami kemerosotan spiritual. Dan dalam nubuatan itu terdapat sebuah kejadian yang sangat tragis yaitu bangsa Israel kalah. Padahal sebelum-sebelumnya bangsa Israel selalu menang dan mengalami pertolongan dan mujizat Tuhan yang luar biasa. Nabi Amos berkata bahwa bangsa Israel terkapar, tidak bangkit-bangkit lagi (Amos 5:2). Dan dalam Amos 5:3 ditulis bahwa tentara yang maju 1000 orang akan tersisa 100 orang, dan yang maju dengan 100 orang tersisa hanya 10 orang.

Seringkali kita menyanyikan pujian kemenangan bahkan kita berkata bahwa kita lebih dari pemenang, tetapi dalam nubuatan ini umat Tuhan pernah mengalami kekalahan yang telak.

Meraih Berkat dari Tuhan

Lukas 24:25

Lalu Ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi!

Dalam ayat ini Yesus menegur keras dua orang muridNya yang sedang berjalan menuju Emaus pasca kebangkitan Yesus dari kubur. Mereka sedang bercakap-cakap tentang Yesus yang sudah bangkit. Dan ternyata tanpa mereka sadari Yesus sudah berjalan bersama-sama dengan mereka.

Hidup Menghormati Hadirat-Nya

 Pengkhotbah 8:11-13

 “Even though a person sins and gets by with it hundreds of times throughout a long life, I'm still convinced that the good life is reserved for the person who fears God, who lives reverently in his presence, and that the evil person will not experience a good life. No matter how many days he lives, they'll all be as flat and colorless as a shadow—because he doesn't fear God.” (ayat 12-13 Terjemahan The Message)

Salahsatu penyebab kenapa bertambah banyak orang berbuat jahat adalah karena belum semua mereka mendapat hukuman. Misalnya soal korupsi di tanah air kita yang seolah-olah menjadi budaya karena memang belum semua koruptor dijerat dan dihukum. Hanya beberapa orang saja yang berhasil di tangkap KPK dan penegak hukum lainnya, sedangkan mungkin ribuan koruptor lainnya masih belum ketahuan dan bebas. Namun Alkitab menulis bahwa sekalipun sekarang di dunia ini orang jahat belum mendapat hukumannya tetapi nanti di neraka mereka akan menerima hukuman yang setimpal.

Bersukacitalah Senantiasa!

Filipi 4:4-5 – “Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat!”

Beberapa tahun yang lalu, satu keluarga di sebuah kota di Sumatera mengundang saya ke rumahnya untuk melayani ibadah ucapan syukur. Biasanya ibadah ucapan syukur itu karena keberhasilan atau suatu doa yang dijawab oleh Tuhan. Namun setelah di rumah itu, baru saya ketahui bahwa ternyata keluarga itu sedang dalam masalah besar, di mana besoknya seluruh harta bendanya termasuk rumahnya akan disita oleh bank. Saya menangis begitu mengetahui hal itu. Keluarga itu berlutut meminta Tuhan melindungi hidup mereka dan masa depan mereka, sebab besok mereka tidak punya apa-apa lagi. Luar biasa, hari itu mereka mengadakan ucapan syukur.

Melekat Kepada Tuhan

 Mazmur 91:14-16.

Dalam Mazmur pasal 91 kita menemukan dua kali kata “sungguh”. Pertama, ditulis dalam ayat 3 yang merupakan penyataan pemazmur akan pengalaman hidupnya bersama dengan Tuhan. Kedua, terdapat dalam ayat 14 yaitu pernyataan Tuhan kepada pemazmur yang berkata : “Sungguh hatinya melekat kepada-Ku..” Tuhan bisa merasakan cinta atau kasih kita kepada-Nya. Pemazmur melekat kepada Tuhan. Hal ini yang harus diperhatikan semua anak-anak Tuhan. Sebagai orang Kristen, kita tidak bisa puas dengan kerohanian kita  saat ini. Apalagi Iblis terus mengerahkan kekuatannya untuk menekan dan menjatuhkan orang-orang percaya. Untuk itu kita musti berusaha lebih dekat dan melekat kepada Tuhan.

Berserulah Kepada Tuhan

Keluaran 15:22-25

Pikiran kita umumnya terpola dengan pemahaman bahwa kalau Tuhan yang menyuruh untuk pergi ke suatu tempat maka semuanya pasti beres, sebab Tuhan sudah atur dan  sediakan. Sehingga ketika terjadi kesulitan maka kita beranggapan bahwa bukan kehendak Tuhan bagi kita untuk berada di tempat itu. Selalu kita merasa bahwa kalau itu kehendak Tuhan maka segala sesuatu pasti beres.

MENCARI WAJAH TUHAN

 1 Tawarikh 16:11, Mazmur 105:4

Kedua ayat ini adalah nyanyian syukur raja Daud dan sebuah ajakan untuk mencari wajah Tuhan selalu. Banyak ayat Alkitab di Perjanjian Lama menyingkapkan betapa pentingnya upaya untuk melihat wajah Allah.

Seseorang yang kita banggakan atau idolakan tentu kita ingin selalu bertemu dan melihat wajahnya. Karena itu tidak heran kalau beberapa orang muda di kamarnya seringkali tidak ada foto orang tuanya tetapi gambar idolanya ada. Namun yang paling berbahaya adalah kalau orang percaya tidak lagi mengidolakan Tuhan, tidak lagi mencari wajah Tuhan.

Mengapa wajah Tuhan menjadi sangat penting? Bilangan 6:22-27. Wajah Allah memiliki makna spiritual yang sangat istimewa. Wajah Tuhan bermakna : BERKAT! Wajah Tuhan memberikan berkat umum, berkat perlindungan, berkat kasih karunia (anugerah) dan berkat damai sejahtera. Wajah Tuhan adalah sumber berkat.

Kemana kita Pergi

Kejadian 16:7-8.

Lalu Malaikat TUHAN menjumpainya dekat suatu mata air di padang gurun, yakni dekat mata air di jalan ke Syur. Katanya: "Hagar, hamba Sarai, dari manakah datangmu dan ke manakah pergimu?" Jawabnya: "Aku lari meninggalkan Sarai, nyonyaku."

Hagar adalah budak Sarai, istri Abram. Waktu itu nama Sarai belum diganti menjadi Sarah, dan nama Abraham masih Abram. Karena Sarai mandul, ia mengijinkan Abram untuk mengambil Hagar menjadi gundiknya.

Menang atas Kemustahilan

2 Raja-raja 4:14

Kemudian berkatalah Elisa: "Apakah yang dapat kuperbuat baginya?" Jawab Gehazi: "Ah, ia tidak mempunyai anak, dan suaminya sudah tua."

Ayat di atas adalah percakapan antara nabi Elisa dengan hambanya bernama Gehazi. Sebab setiap kali Elisa bepergian ke Sunem, seorang perempuan kaya selalu menjamu mereka makan bahkan menyediakan satu kamar khusus untuk tempat mereka menginap. Melihat perbuatannya yang sangat baik itu, Elisa menyuruh Gehazi untuk bertanya apa yang diperlukan wanita itu dan keluarganya. Lalu Gehazi memberitahukan bahwa  mereka sudah tua tetapi belum mempunyai anak. Bagi manusia ini adalah perkara yang mustahil ; memperoleh anak di usia tua.

Semua adalah Anugerah

Dari pengalaman kita belajar bahwa banyak orang Kristen yang berhasil dalam bisnis, dalam profesinya, dalam kariernya, kemudian lupa diri, arogan dan tidak lekat dengan sumber dari mana kita memperolehnya yaitu Tuhan.

Sikap kita Menghadapi Bencana

Ayub 2:10

Ayub adalah seorang yang takut akan Tuhan dan orang sangat diberkati Tuhan dengan luar biasa. Ayub orang terkaya di kawasan Timur ; memiliki 7000 ekor kambing domba, 3000 ekor unta, 500  pasang lembu, 500 ekor keledai betina dan memiliki budak-budak dalam jumlah yang sangat besar (psl 1:3). Ayub juga seorang yang suka mempersembahkan korban. Setiap hari Ayub mempersembahkan korban bakaran untuk menguduskan anak-anaknya. Setiap hari anak-anaknya mengadakan pesta. Ayub takut kalau anak-anaknya telah berdosa dan mengutuki Allah dalam hatinya. Karena itu ia mempersembahkan korban penghapus dosa. (psl. 1:5).

Tetapi dalam waktu sekejap, Ayub jatuh melarat. Ayub mendapat bencana yang sangat mengerikan. Semua harta miliknya ludes dihantam oleh bencana alam dan serbuan orang lain. Dan anak-anak Ayub meninggal karena rumah yang mereka tinggali roboh dan menimpa mereka. Percobaan yang sangat berat menimpa Ayub. Namun Alkitab mencata bahwa dalam keadaan yang mengerikan itu, Ayub menyembah dan memuji Tuhan (psl. 1:20-22). Dalam penderitaan yang berat Ayub tidak berdosa kepada Allah. 

Kunci Untuk Menerima dari Tuhan

PERCAYA SAJA..” jawab saya kepada seorang teman. Ia menatap saya tanpa mengatakan sesuatu namun dari wajahnya seolah ia sedang berteriak “Apa...! Segampang itu?”

El Shaddai

 Kejadian 17:1-5

El Shaddai adalah kata dalam bahasa Ibrani yang artinya Allah yang Mahakuasa. El Shaddai adalah gelar Allah, dan pertamakali ditulis dalam Kejadian 17:1.

Abram sudah berusia 99 tahun tetapi belum mempunyai anak. Tetapi di usia tuanya Allah menampakkan diri kepada Abram dan berfirman : "Akulah Allah Yang Mahakuasa (El Shaddai), hiduplah di hadapan-Ku dengan tidak bercela. Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau, dan Aku akan membuat engkau sangat banyak”.

Kita sudah lama mendengar dan mengetahui kata “El Shaddai”. Tetapi bagaimana dalam pengalaman sehari-hari, apakah kita mengalami kemahakuasaan Tuhan?

Manusia akan terus bertumbuh dalam umur sehingga akan semakin tua dan lanjut usia. Tetapi justru di usia tuanya Abram menerima janji Tuhan yaitu akan menjadi bapa segala bangsa dan bapa orang percaya. Karena itu jangan batasi kuasa Tuhan dengan usia. Di usia tua sekalipun Allah bisa memberkati kita.

Tragedi Kapernaum

Kapernaum adalah sebuah kota yang sangat terkenal. Terletak di sebelah Barat Danau Galilea, kota ini menjadi markas besar Yesus Kristus selama melakukan pelayanan di muka bumi. Frekuensi kunjungan dan aktifitas di kota ini, jauh lebih banyak Yesus lakukan dibandingkan di kota lain. Demikian juga dengan sejumlah aktifitas yang Yesus pernah lakukan, lebih banyak terjadi di kota ini. Di Kapernaum ada sebuah sinagoga, tempat ibadah Yahudi yang menjadi tempat favorit Yesus dan seringkali dikunjungi Yesus untuk mengajar. Itu sebabnya kota ini terkenal sebagai kotanya Tuhan Yesus. Dua orang bersaudara yang juga merupakan murid Yesus, Andreas dan Petrus, juga tinggal di kota ini. Kira-kira seratus meter dari sinagoga di Kapernaum, terdapat rumah mertua Petrus yang disembuhkan olehTuhan Yesus dari sakit demam. Kedua tempat itu, sinagoga dan rumah mertua Petrus, masih ada bekasnya sampai sekarang.

Fokus ke Depan

 Amsal 4:25

Kitab Amsal adalah buku yang lengkap akan filsafat hidup tentang bagaimana manusia menjalani hidup dengan luar biasa. Tema kitab Amsal adalah hikmat. Tetapi hikmat yang dimaksud di sini bukanlah hikmat manusia tetapi hikmat yang bersumber dari Tuhan.

Salahsatu Amsal yang ditulis Salomo berbunyi : “Biarlah matamu memandang terus ke depan dan tatapan matamu tetap ke muka” (Amsal 4:25). Ayat ini kemudian diperkuat oleh rasul Paulus dalam Perjanjian Baru, berbunyi : “Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan : aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus”. (Filipi 3:13-14). Rasul Paulus menjelaskan tentang apa yang sudah dikatakan sebelumnya oleh Salomo yaitu bahwa kita harus mengarahkan diri ke depan, kepada apa yang di hadapan kita, dan melupakan apa yang terjadi pada masa lalu.

Semua Hanya Karena TUHAN

1 Tawarikh 21 : 1-2,7; 2 Samuel 24 : 1-3,10

Dalam ayat di atas kita menemukan satu kalimat yang menarik yang berbunyi "Iblis bangkit melawan Israel dan ia membujuk Daud untuk menghitung orang Israel" (I Tawarikh 21:1). Sebagai raja, Daud berhak untuk menghitung rakyat atau mengadakan sensus. Apalagi pada zaman dahulu sensus atau cacah jiwa sangat diperlukan untuk mengetahui jumlah orang yang wajib bayar pajak atau berapa laki-laki dewasa yang bisa ikut perang. Jadi perkara penghitungan rakyat itu bukan sesuatu yang salah.

Bila Firman Tersingkap

Mazmur 119:130

“Bila tersingkap, firman-firmanMu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh”.

Firman Tuhan diberitakan di mana-mana. Tetapi ada juga tempat-tempat yang mencoba untuk menutup/menahan pemberitaan firman Tuhan. Bahkan baru-baru ini kita dengar bahwa ada daerah di Indonesia yang melarang untuk mengucapkan selamat hari natal. Itu memang sudah keterlaluan, sebab Indonesia adalah negara yang menghormati semua agama.

Tetapi walaupun demikian, Firman Tuhan tetap diberitakan/tersiar dengan berbagai cara. Ada yang menerimanya dan percaya kepada Yesus tetapi ada juga yang menolaknya walaupun sudah mendengar firman Tuhan. Bahkan ada orang yang menyebut dirinya Kristen tetapi belum sepenuhnya menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Orang-orang yang demikian biasanya masuk gereja hanya pada waktu-waktu tertentu saja seperti Natal dan Paskah. Itu sebabnya waktu perayaan Natal gereja penuh. Tetapi banyak  juga orang menjadi percaya kepada Yesus dan sungguh-sungguh menyatakan kekristenannya.

Bertambah Banyak

Kejadian 1:26-28

“.......Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu........."

“TIME SCHEDULE” – JADWAL WAKTU – TUHAN UNTUK DUNIA dan GEREJA

 Galatia 4:4

“Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat”.

Yesus diturunkan ke dunia tepat pada waktu Tuhan. Allah selalu bekerja menurut jadwal waktu-Nya. Tuhan mempunyai waktu untuk segala perkara. Bd. Pengkhotbah 3. Segala peristiwa / kejadian pasti ada waktunya.

Merupakan waktu Tuhan yang tepat ketika Yesus lahir di Betlehem. Kenapa? Selama 1500 tahun Tuhan mencoba membangun umatNya dari satu bangsa yaitu bangsa Israel. Hukum Taurat digunakan sebagai syarat bagi bangsa itu. Beberapa agama di dunia menggunakan syarat-syarat untuk berkenan di hadapan Tuhan. Tetapi faktanya semua syarat-syarat itu gagal. Selama 1500 tahun berlaku hukum Taurat, tidak ada seorang pun yang bisa melakukan hukum Taurat secara sempurna (perfect).

Karena itu Tuhan mengakhiri hukum Taurat dengan mengirimkan anakNya Yesus Kristus ke dunia untuk sebuah rencana yang sangat besar yaitu menyelamatkan seluruh bangsa di dunia. Allah ingin supaya semua manusia selamat! Waktu Yesus lahir penduduk dunia baru 100 juta orang. Waktu itu mungkin orang akan berpikir, mengapa hanya untuk menyelamatkan 100 juta orang Tuhan harus kirim putra-Nya ke dunia. Tetapi dewasa ini penduduk dunia sudah mencapai 7,2 milyar. Dan keselamatan di dalam Yesus berlaku untuk jumlah manusia yang sangat besar ini.

Apa yang perlu diisi dalam Hidup yang Pendek ini

Pengkhotbah 2:3 “Aku menyelidiki diriku dengan menyegarkan tubuhku dengan anggur, -- sedang akal budiku tetap memimpin dengan hikmat --, dan dengan memperoleh kebebalan, sampai aku mengetahui apa yang baik bagi anak-anak manusia untuk dilakukan di bawah langit selama hidup mereka yang pendek itu.”

Lawanlah Iblis

 1 Petrus 5:7-9

Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.

Bencana alam yang semakin sering terjadi akhir-akhir ini bisa membuat kita menjadi kuatir.

Dalam Firman Tuhan di atas kita baca bahwa Tuhan tahu manusia mempunyai kekuatiran ; kekuatiran akan pribadi, rumah tangga, masyarakat, politik, ekonomi, bencana alam, terorisme, keamanan, dan masih banyak lagi. Selalu ada persoalan atau masalah yang membuat kita menjadi kuatir. Tetapi Tuhan berkata bahwa serahkanlah segala kekuatiranmu kepada Tuhan (ayat 7). Kita musti belajar untuk menyerahkan segala kekuatiran kepada Tuhan, sebab Tuhan berkuasa memelihara atau memperdulikan kita.

The Kingdom Ecosystem

Ekosistem adalah sekumpulan makhluk hidup yang saling berinteraksi dan berhubungan, tercipta harmonisasi yang saling menguntungkan dan tidak ada yang dirugikan. Kerajaan Sorga tidak punya produk jahat, Kingdom selalu punya produk goodness atau kebaikan.

Pahlawan Iman

 Yoel 3:9-11

Dalam kalender kita, tanggal 10 Nopember adalah Hari Pahlawan. Biasanya pada hari ini kita menghormati jasa seluruh pahlawan bangsa, baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal. Mereka sudah berkorban untuk kemerdekaan dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Setiap tahun para pahlawan selalu bertambah, sebab ada pahlawan perjuangan, pahlawan pendidikan, pahlawan kesehatan, pahlawan ekonomi, dan lain-lain. Bahkan baru-baru ini seorang anak Tuhan yang sudah almarhum bernama Letjen (Purn) TB. Simatupang, dinobatkan menjadi pahlawan nasional.

Apakah Alkitab mencatat tentang pahlawan? Apakah dalam gereja Tuhan ada pahlawan-pahlawan (mighty man = orang-orang perkasa) ? Ada! Oleh karena merekalah gereja Tuhan sekarang berdiri. Mereka melayani Tuhan dengan segala macam tantangan, penderitaan dan cobaan, tetapi mereka terus maju mengabarkan Injil. Generasi sekarang harus bersyukur kepada orang tua-orang tua kita yang dengan segala cara telah berhasil menanamkan iman dan membuat kita menjadi anak Tuhan, warga Kerajaan Allah.

Gereja Peduli Anak

Zakharia 9:11,13

“Mengenai engkau, oleh karena darah perjanjian-Ku dengan engkau, Aku akan melepaskan orang-orang tahananmu dari lobang yang tidak berair.

Sebab Aku melentur Yehuda bagi-Ku, busur Kuisi dengan Efraim, dan Aku mengayunkan anak-anakmu, hai Sion, terhadap anak-anakmu, hai Yunani, dan Aku akan memakai engkau seperti pedang seorang pahlawan.”

Sikapmu akan Menentukan Hasilmu

 Filipi 1:3-8

Surat Rasul Paulus kepada jemaat Filipi adalah surat SUKACITA. Surat ini banyak mengajar tentang sikap atau attitude orang Kristen. Salahsatunya terdapat dalam pasal 2 ayat 5 berbunyi “hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus”.

Surat ini adalah surat yang penuh sukacita, padahal Rasul Paulus menulisnya dari dalam penjara. Mari baca pasal 4:4 berkata : “Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!”

Gereja Harus Mempengaruhi

 Matius 5:13

"Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.”

Gereja adalah garam dunia, yang mempengaruhi orang-orang dengankebenaran Tuhan.

Kemerdekaan di dalam Kristus

 Galatia 5:1,13

Tanggal 17 Agustus adalah hari kemerdekaan Indonesia. Sebagai bangsa yang telah merdeka tentu berbeda sekali dari ketika masih dijajah. Kemerdekaan Indonesia sekarang adalah kemerdekaan secara fisik. Bagaimana secara manusia rohani, apakah kita juga telah mengalami kemerdekaan secara rohani?

Di dalam dunia ini, kemerdekaan dicapai dengan perjuangan. Tetapi ayat di atas menegaskan bahwa kemerdekaan spiritual tidak tercapai oleh perjuangan manusia. Kemerdekaan rohani bagi umat manusia hanya terlaksana oleh pengorbanan satu pribadi yaitu Kristus Yesus.

Gagal atau Berhasil

Mazmur 127:1. - Nyanyian ziarah Salomo. Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga. (“Unless the LORD builds the house, they labor in vain who build it; Unless the LORD watches guards the city, the watchman stays awake in vain)

"Neshamah"

Amsal 20:26-30

“Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya.”

Dalam kamus bahasa Ibrani, roh disebut 'ruwach”, dan dalam bahasa Inggris 'spirit'. Sedangkan dalam bahasa Yunani dipakai kata “pnuema” artinya angin. Tetapi dalam bahasa bahasa Ibrani, kata 'roh' dalam Amsal 20:27 digunakan kata 'neshamah' atau 'puff' dalam bahasa Inggris yang artinya nafas yang kuat, dalam, keras.

Kata 'neshamah' juga terdapat dalam Kejadian 2:7  “ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup (neshamah) ke dalam hidungnya....”. Allah menciptakan manusia sangat mulia, dibentuk menurut gambar dan rupa Allah. Tetapi manusia tidak ada artinya apabila tidak hidup. Karena itu Allah memberikan 'neshamah' yaitu nafas hidup kepada Adam, sehingga manusia itu hidup dan bergerak. Nafas manusia bukan diciptakan tetapi dihembuskan langsung dari mulut Allah.

Firman dan Berkat bagi Yerusalem, Bukit Zion

 Mazmur 147:12-15

Kitab Mazmur mulai pasal 146 sampai pasal 150 dibuka dengan kata ”haleluyah”. Bahkan Mazmur 150 diawali dan ditutup dengan kata haleluyah. Pengucapan haleluyah adalah suatu ungkapan syukur dan luapan kemegahan kita akan Tuhan.

Anda akan tetap Naik

 “Tuhan akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu…..”Ulangan 28:13,14

Inilah janji Tuhan yang luar biasa. Suatu janji sekaligus jaminan bagi setiap anak Tuhan, yaitu promosi, peningkatan, atau kenaikan. Tuhan berjanji akan mengangkat anak-anakNya menjadi kepala dan bukan sebagai ekor. Akan tetap naik dan tidak turun. Promosi ini bisa berbentuk kenaikan jabatan atau pangkat, juga dalam peningkatan karir atau profesi atau dalam dunia bisnis. Tetapi kenaikan seperti ini biasanya terbatas oleh usia, mutasi, dan waktu pensiun. Promosi yang berlaku seumur hidup, adalah janji yang pertama bermakna spiritual, rohani, namun berefek kepada berkat jasmani.

Engkau akan Berkembang

YESAYA 54:1-3

Terjemahan Message Bible berbunyi : “Menyanyilah perempuan mandul yang belum pernah melahirkan, penuhi udara dengan nyanyian hai engkau yang belum melahirkan. Engkau akan melahirkan lebih banyak anak dari ibu-ibu yang sudah melahirkan, kata Tuhan. Luaskan dan bersihkan halaman untuk kemahmu, lebarkan kemahmu, meluas, berpikir besar, gunakan tali secukupnya dan memukul pancanganmu sedalam-dalamnya. Engkau akan membutuhkan tempat yang luas untuk keluargamu yang mengembang. Engkau akan menduduki bangsa-bansa, engkau akan menduduki kembali kota-kota yang sunyi.”

Melayani Manusia sebagai Melayani Tuhan

 Efesus 6:5-9

Sekarang di dunia orang berlomba-lomba ingin menjadi bos, menjadi seseorang yang hebat. Bahkan dalam Kekristenan juga hal ini menyusup, dimanabanyak orang berebutan jabatan. Tetapi Tuhan mengajar kepada kita sesuatu yang berbeda dengan apa yang diinginkanbanyak orang di dunia yaitu supaya memiliki hati sebagai hamba.

Hak Dasar Orang Percaya : Damai Sejahtera Allah

Kolose 3:15

“Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.”

Firman Tuhan ini merupakan perintah emas bagi semua orang percaya. Juga merupakan hak-hak kekristenan yang sangat mendasar. Ini merupakan wasiat bagi gereja Tuhan.

Kuasa Allah yang bekerja di dalam kita

Efesus 3:20-21

Paulus adalah seorang rasul yang merintis banyak gereja. Di tengah pelayanan itu ia menyadari bahwa gereja tidak bisa hidup hanya dengan kekuatan manusia. Tidak ada seorang pun yang begitu supranatural kemampuannya untuk mengurus gereja selain kemampuan Allah. Karena itu orang-orang yang terlibat dalam pelayanan supranatural Allah harus berhubungan dengan Allah.

Bangkitlah

 Yesaya 60:1-5 “Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.”

“BANGKITLAH” – ini  adalah satu pesan penting bagi gereja Tuhan. Hari-hari ini Anda mungkin sedang mengalami kesulitan keuangan, didera penyakit, tetapi Firman Tuhan berkata bangkitlah dari keadaanmu, bangunlah dari penyakitmu, bangkit dari keterpurukanmu. Keadaanmu sekarang bukanlah akhir dari hidupmu. Mungkin anda berada dalam keadaan yang sulit karena satu kesalahan.

Siapa yang harus kita hormati?

Roma 13:7

“Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar : pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai; rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut dan hormat kepada orang yang berhak menerima hormat”.

Dalam ayat di atas dikatakan bahwa kita harus bayar apa yang harus kita bayar. Apabila anda membeli sesuatu harus dibayar. Sekarang di mall atau supermarket kalau anda mengambil sesuatu tanpa membayarnya alarm pasti bunyi. Anda dianggap mencuri apabila mengambil barang tanpa membayarnya.

Allah Sanggup Melakukan Segala sesuatu

 AYUB 42:1-2

Kemajuan teknologi dewasa ini sangat hebat sekali. Lihat saja, melalui layar televisi kita bisa menyaksikan peristiwa-peristiwa yang terjadi di benua atau negara lain dalam waktu yang bersamaan. Melalui pesawat telepon kita bisa berbicara dengan orang lain yang jaraknya jauh sekali, bahkan antar benua sekalipun. Dengan adanya pesawat terbang, dunia ini seakan-akan kecil.

Tahun Baru, Berkat Baru

 Yesaya 43:18-21

Yesaya adalah nabi yang hidup sekitar 700 tahun sebelum Yesus. Firman Tuhan yang disampaikan nabi Yesaya kebanyakan bernilai profetik atau nubuatan yaitu hal-hal yang akan datang.

Alkitab Menjawab Masa Depan

 2 Petrus 1:20-21

Manusia selalu memikirkan tentang masa depan. Semua orang ingin tahu apa dan bagaimana hidupnya di masa depan.  Itu sebabnya banyak orang pergi ke paranormal. Bahkan sekarang ini para peramal menawarkan ramalannya melalui SMS. Biasanya peramal meyakinkan orang dengan menceritakan apa yang terjadi dalam hidup seseorang di waktu yang lalu. Iblis hanya bisa menjelaskan  apa yang terjadi di masa lalu tetapi tidak bisa mengetahui masa depan manusia. Itulah sebabnya mereka menamakan diri peramal, karena perkiraannya bisa setengah benar dan bisa juga tidak benar.

Hikmat Mengatasi Kelemahan

 Yesaya 28:23-29

“Pasanglah telinga dan dengarkanlah suaraku; perhatikanlah dan dengarkanlah perkataanku! Setiap harikah orang membajak, mencangkul dan menyisir tanahnya untuk menabur? Bukankah setelah meratakan tanahnya, ia menyerakkan jintan hitam dan menebarkan jintan putih, menaruh gandum jawawut dan jelai kehitam-hitaman dan sekoi di pinggirnya? Mengenai adat kebiasaan ia telah diajari, diberi petunjuk oleh Allahnya. Sebab jintan hitam tidak diirik dengan eretan pengirik, dan roda gerobak tidak dipakai untuk menggiling jintan putih, tetapi jintan hitam diirik dengan memukul-mukulnya dengan galah, dan jintan putih dengan tongkat. Apakah orang waktu mengirik memukul gandum sampai hancur? sungguh tidak, orang tidak terus-menerus memukulnya sampai hancur! Dan sekalipun orang menjalankan di atas gandum itu jentera gerobak dengan kudanya, namun orang tidak akan menggilingnya sampai hancur. Dan ini pun datangnya dari TUHAN semesta alam; Ia ajaib dalam keputusan dan agung dalam kebijaksanaan.”

3 hal penting yang harus dilakukan Gereja Tuhan

Menurut hemat saya, ada 3 hal penting yang harus dilakukan oleh gereja Tuhan supaya menjadi gereja Tuhan yang dewasa dan bertumbuh. Gereja Tuhan harus menjadi ;

TO LEAVE OR TO STAY

Yohanes 11:38-45

Kita sudah sering mendengar nats Firman Tuhan ini. Beberapa pengkhotbah menjelaskan tentang Yesus adalah kebangkitan dan hidup. Ada yang mengkhotbahkan tentang Marta dan Maria yang bimbang tetapi ketika Yesus datang terjadi mujizat. Tetapi dalam pada kesempatan ini akan sampaikan dari sudut pandang Lazarus.

 

Tentang kami

peduliGEREJA.com

Tentang kami

Di tengah minimnya informasi rohani Kristen di dunia maya / internet, peduliGEREJA.com hadir menyajikan beragam artikel khotbah, pendalaman Alkitab, serta mengulas tentang multimedia gereja, dan banyak informasi penting lainnya dengan sajian ...... selanjutnya

We have 2 guests and no members online