• Home
  • Sabda
    • ilustrasi

      Kemana kita Pergi

      Kepada Hagar, malaikat Tuhan bertanya : dari manakah datangmu dan ke manakah pergimu? Kalau ayat ini kita gunakan seba ...

  • Siapakah Yesus
  • Berita
  • Keluarga
  • Ulasan
    • Flywheel

      Flywheel

      Film ini penuh dengan inspirasi untuk hidup benar di hadapan Tuhan, di tengah banyaknya orang mengedepankan keuntungan dan ....

  • Media Gereja
  • Hubungi

Sat11012014

Last update02:43:56 PM

Back You are here: Home Sabda Sabda Artikel Khotbah Bangkitlah

Bangkitlah

 Yesaya 60:1-5 “Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.”

“BANGKITLAH” – ini  adalah satu pesan penting bagi gereja Tuhan. Hari-hari ini Anda mungkin sedang mengalami kesulitan keuangan, didera penyakit, tetapi Firman Tuhan berkata bangkitlah dari keadaanmu, bangunlah dari penyakitmu, bangkit dari keterpurukanmu. Keadaanmu sekarang bukanlah akhir dari hidupmu. Mungkin anda berada dalam keadaan yang sulit karena satu kesalahan.

 

Tetapi Tuhan perintahkan supaya anda  bangkit dan tidak lagi . Sebab kalau Anda bangkit maka Tuhan akan bangkit bagi anda. Kalau Allah bangkit maka yang mustahil menjadi mungkin. Karena itu kita tidak bisa menyerah sebab kita bukanlah pecundang tetapi pemenang. Seorang pemenang mungkin pernah kalah satu kali tetapi tidak pernah menyerah. Karena itu bangkitlah dari masa lalumu, dari kesalahamu, karena sesuatu akan terjadi dalam hidupmu.

Lukas 15:7 Dalam perikop ini kita membaca tentang seorang anak muda yang membuat kesalahan fatal dalam hidupnya. Ia mengambil warisannya dan menjauhi rumah bapanya. Ia pergi dengan harta yang banyak dan hidup dengan foya-foya. Sampai suatu ketika terjadi kelaparan di negeri itu. Negara Indonesia bisa mengalami krisis ekonomi, tetapi anak-anak Tuhan akan tetap berhasil sebab di dalam Kristus tidak ada krisis ekonomi. Sampai kemudian anak muda itu menyadari bahwa ia telah kehilangan segala sesuatu dan mendapati dirinya di kandang babi. Mungkin ia berpikir bahwa itulah akhir hidupnya, tidak ada lagi harapan. Mungkin anda juga mengalami hal yang sama dengan orang muda ini ; kehilangan seluruh pengharapan, kehilangan pekerjaan, usaha, tetapi sebenarnya itu bukanlah tempat perhentian yang terakhir.

Ketika ia hendak  mengisi perutnya dengan makanan babi, Ia menyadari siapa bapanya. (Lukas 15:16-17). Satu-satunya cara untuk menerima kembali apa yang hilang dari hidupnya adalah harus bangkit dan pergi kepada bapa. Termasuk harus bangkit dari pikiran negatif. Jangan biarkan pikiran negatif mengintimidasi hidupmu. Jangan biarkan masa lalumu menekan hidupmu. Allah tidak melihat masa lalumu melainkan masa depanmu. Saya yakin, pemuda itu sadar sepenuhnya bahwa kesalahannya tidak mengakhiri hubungannya dengan bapanya. Jangan pikirkan kesalahanmu di waktu yang lalu tetapi pikirkanlah bapa yang mengasihimu.

Ketika anak muda itu bangkit, ternyata bapanya berlari kepadanya. Kalau engkau bangkit, Allah pasti bangun. Kalau Allah menghampiri hidupmu, engkau akan menerima segala sesuatu yang engkau butuhkan. Hidupmu tidak menjadi sama lagi dengan sebelumnya. Ketika engkau bangkit segala sesuatu yang telah hilang dari hidupmu akan dipulihkan kembali kepadamu.

Yohanes 5:5-8. Di tepi kolam Siloam terbaring seorang lumpuh yang sudah 38 tahun dalam keadaan yang sama. Ini keadaan yang sangat menyedihkan. Ketika Yesus bertanya : apakah engkau ingin sembuh? Orang itu menjawabnya dengan mengutarakan berbagai alasan sehingga tidak sembuh selama 38 tahun. Tuhan tidak perduli dengan keluahan dan alasan-alasan kenapa kita tidak menerima lawatan Tuhan. Karena itu Yesus berkata : “Bangunlah, angkatlah tilanmu dan ebrjalanlah”. Kalau engkau bangkit maka sesuatu yang ajaib pasti terjadi.

Sebenarnya masing-masing kita mempunyai benih illahi dalam hidup kita. Yesus disebut singa dari Yehuda (Wahyu 5:5). Kalau Yesus yaitu singa dari Yehuda tinggal dalam hidupmu maka setan pasti gemetar. Apabila seekor singa bangun, maka segala binatang lain akan lari terbirit-birit. Kalau engkau bangkit maka penyakit akan meninggalkanmu, ketakutan akan lenyap, segala masalahmu akan meninggalkan engkau.

Yesaya 60:1 – “Bangkitlah, menjadi teranglah (bercahayalah), sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.”Apabila anda bangkit dan bercahaya maka kemuliaan Tuhan datang kepada kita. Kata ‘kemuliaan’ pertamakali dicatat dalam Kejadian 45:13. Kepada saudara-saudaranya Yusuf berkata supaya kemuliaanya di Mesir diceritakan kepada ayahnya. Apa kemuliaan Yusuf di Mesir? Di Mesir Yusuf sangat dihormati, diangkat tinggi dan sangat berhasil. Jadi kalau Anda bangkit dan bercahaya maka Tuhan akan mempromosikan anda, kesejahteraan akan menyertaimu, keberhasilan akan datang kepadamu.  

Apakah artinya bercahaya? Bercahaya berarti lakukan firman Allah. Lakukan apa yang Tuhan katakan kepadamu. Kalau Allah katakan bawa perpuluhanmu, lakukan! Kalau Allah katakan berdoalah, lakukanlah! Apapun yang Allah katakan kepadamu lakukanlah dengan taat. Dengan demikianlah cara kita bercahaya. Petrus mendapat ikan dalam jumlah yang banyak ketika melakukan apa yang dikatakan Yesus (Lukas 5).  Air berubah menjadi anggur ketika pelayan-pelayan pesta melakukan apa yang diperintahkan Yesus. (Yohanes 2).  Saya sangat yakin, kalau Anda bercahaya maka segala sesuatu yang engkau butuhkan akan datang kepadamu.

Yesaya 60:1 – “...sebab terangmu datang...” Ini adalah saat dan masa yang Allah siapkan bagi Anda. Sebagian orang berkata bahwa tidak ada gunanya mengikuti Tuhan. Tetapi inilah saatnya Tuhan akan tunjukkan kepada kita upah dan kemakmuran bagi orang-orang yang setia ikut Tuhan. Saat-saat ini akan kita lihat kemuliaan dan kebaikan Allah. Ini waktnya Allah melawat kita.

“Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.” Yesaya 60:2. Saat ini sedang terjadi kegelapan rohani. Perceraian, seks bebas, krisis ekonomi dan berbagai macam kegelapan lainnya akan menutupi bumi. Tetapi kalau kita bangkit dan bercahaya maka Allah akan melakukan satu transisi ekonomi. Baca ayat 5 –“Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, engkau akan tercengang dan akan berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu.” Pengalihan apakah ini? Allah akan mengalihkan kekayaan, kesejahteraan, keberhasilan dan kemuliaan dari dunia ini kepada anak-anak Tuhan yang bangkit dan bercahaya. Tuhan akan mengalihkan keberhasilan kepada usaha dan bisnismu. Posisi dan jabatan yang bagus akan dialihkan kepadamu. Maka kekayaan bangsa-bangsa akan turun kepada gereja. Ini saatnya kita akan melihat hal-hal yang besar terjadi dalam hidup kita. Kemuliaan dunia ini akan dialihkan kepadamu. Mobil-mobil dan rumah-rumah terbaik menjadi milikmu dan sekarang anda sedang menuju ke sana.

Kalau engkau bangkit dan bercahaya engkau akan menerima dan memiliki yang terbaik dari dunia ini. Tetapi kalau engkau duduk saja itu tidak akan pernah terjadi dalam hidupmu. Itu hanya terjadi kalau manusia rohanimu bangkit. Ini saatnya bagimu untuk bangkit dan bercahaya. Ini bukan saat untuk duduk dan diam tetapi bergerak dan maju. Tuhan akan memberkati kitaberlimpah dan pintu-pintu berkat akan terbuka senansitas, baik siang maupun malam. Yesaya 60:11.

Karena itu tidak ada alasan orang percaya untuk miskin. Allah kita bukan Allah yang miskin.

 

Buat Komentar Anda


 

Tentang kami

peduliGEREJA.com

Tentang kami

Di tengah minimnya informasi rohani Kristen di dunia maya / internet, peduliGEREJA.com hadir menyajikan beragam artikel khotbah, pendalaman Alkitab, serta mengulas tentang multimedia gereja, dan banyak informasi penting lainnya dengan sajian ...... selanjutnya

We have 5 guests and no members online